PERJANJIAN KERJASAMA TEKNIS ANTARA BBPBL LAMPUNG dengan BBIP KOTABARU DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI BENIH

Perjanjian adalah suatu tindakan yang mengikat 2 orang atau mungkin lebih. Perjanjian juga bisa dilakukan secara lisan maupun tulisan. Namun untuk sesuatu yang bisa dibilang serius dan tidak ingin menimbulkan sengketa (masalah) dikemudian hari, sebaiknya  perjanjian dibuat secara tertulis. Pengertian surat perjanjian adalah surat kesepakatan mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak yang saling mengikatkan diri untuk berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu. Definisi itu menunjukkan ciri khas surat perjanjian sebagai surat yang dibuat oleh dua pihak secara bersama, bahkan seringkali melibatkan pihak ketiga sebagai penguat.

MOU2 MOU1Terkait hal tersebut dan untuk menunjang kelancaran tugas masing-masing instansi, maka Balai Besar Perikanan Budidaya Laut (BBPBL) Lampung  melakukan Perjanjian Kerjasama Teknis dengan Balai Benih Ikan Pantai (BBIP) Kotabaru, Kalimantan Selatan pada tanggal 17 Februari 2017. Ruang lingkup perjanjian tersebut meliputi  : Perencanaan program ; Pelaksanaan bimbingan teknis penerapan standar pembenihan ikan laut ; Pendampingan dalam kegiatan diseminasi teknologi budidaya laut; dan Pengembangan sarana produksi budidaya laut, khususnya dalam penyediaan benih ikan bermutu.

MOU3 MOU4Surat Perjanjian Kerjasama  ditanda tangani oleh Kepala BBPBL Lampung Ir. Mimid Abdul Hamid, M.Sc.  dan Kepala BBIP Kotabaru Ir. Humaidi yang disaksikan oleh  Dwi Handoko Putro, A.Pi  (Pejabat Fungsional Perekayasa BBPBL) ; Zidni Ilman, S.Pi (Kasi Standardisasi dan Informasi BBIP Kotabaru) dan Akhmad Baihaki, S.Pi (Kasi Pelayanan Teknik Produksi BBIP Kotabaru).  Diharapkan dengan Perjanjian Kerjasama ini dapat dijadikan landasan untuk pelaksanaan kegiatan peningkatan produksi ikan air laut di Indonesia (dau/va/utama)