UPAYA MENJAGA KELESTARIAN SUMBERDAYA IKAN LAUT MELALUI RESTOCKING

Seiring dengan pesatnya pertumbuhan  Penduduk dunia, khususnya di Indonesia disertai dukungan  kemajuan teknologi dalam pengelolaan perikanan yang semakin berkembang, maka jumlah kebutuhan akan hasil komoditas perikanan juga semakin bertambah,  sedangkan  jumlah lahan tetap saja  bahkan semakin sempit.

Res1 Ris2 RIS3 RIS5Produksi perikanan perairan umum sebagian besar didominasi oleh produksi penangkapan, kegiatan pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan umum melalui kegiatan penangkapan mempunyai kecenderungan semakin tidak terkendali, dimana jumlah tangkap tidak lagi seimbang dengan daya pulihnya. Agar terjadi keseimbangan maka diperlukan pengelolaan sumberdaya yang lebih hati-hati. Pemanfaatan sumberdya ikan hendaknya tetap mempertahankan kelestarian sumberdaya ikan di perairan umum. Salah satu usaha pelestarian sumberdaya ikan adalah dengan jalan melakukan kegiatan restocking, sebab kegiatan ini merupakan  langkah terbaik untuk meningkatkan jumlah populasi ikan akibat produksi penangkapan yang dilakukan secara terus menerus khususnya diperairan umum.

Ris6 Ris7 Ris8Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Laut  (BBPBL) pada tanggal 16 Januari 2017 telah melakukan kegiatan Restocking diperairan Teluk Lampung, dengan menebar 2.109 ekor  benih ikan Bawal Bintang ukuran 4-9 cm, kegiatan ini dilakukan oleh Kabid Produksi  dan Dukungan Teknis BBPBL dan Kabid Budidaya DKP Peswaran serta tokoh masyarakat Desa Hanura,  Kec. Teluk Pandan, Kab. Pesawaran  (Dau/Va/utama)